Narrative Tex : Deskripsi, tujuan, structure teks, macam teks

Selamat datang di e-paper saya. Secarik kertas electronik yang saya gunakan untuk menulis dan berbagi informasi tentang apa yang saya ketahui. Insyallah berfaedah buat teman – teman.
Narrative text
Pertanyaan yang sering muncul dibenak teman – teman
  1. Apa itu Narrative Text?
  2. Apa tujuan dari Narrative teks itu sendiri?
  3. Apa saja struktur teksnya?
  4. Macamnya apa saja si?

Mari kita simak urain berikut :
Narrative Text
Narrative text types tells a story using spoken or written language. Narrative text are usually told by a story teller. (Text Types in English 1-2 by Mark Anderson and Kathy Anderson)
Narrative text adalah teks khayalan. Tentunya teks khayalah berarti fiktif atau tidak ada kebenarannya yang dibuat oleh seseorang atau sebuah kelompok.
Narrative text is an imaginative story to entertain people.
Tujuan narrative text
Seperti yang tertera di atas tujuan narrative text adalah untuk menhibur pendengar, pembaca, dan yang nyimak ceritanya tentunya.
Stuktur narrative text
Seperti teks lainnya narrative teks mempunyai batang kubuh atau struktur teks diantaranya :
Orientation^Complication^resolution^coda
Orientation is about opening paragraph where the characters of the story are introduced. Dalam bagian awal ini adalah bagian perkenalan di dalamnya berisi pengenalan tokoh, tempat dan waktu terjadinya, cerita. Singkatnya mengandung unsur Who or What, When, and Where.
Complication, where the problems in the story developed. Permasalahan muncul biasanya permasalahan atau konflik yang ada berawal memuncak di bagian ini.
Resolution, where the problems in the story is solved. Bagian ini bisa dibilang juga nagian si tokoh mendapat hidayah. Ceilah hidayah, iya bener lho. Di bagian ini adalah bagian penyelesaian masalah entah itu berakhir dengan bahagia atau tidak.
Coda or reorientation,  lesson from the story. Bagian akhir ini sifatnya pilihan ya teman – teman jadi kalian bisa tambahin ini atau tidak. Tapi menurut saya alangkah baiknya disertakan ya.
Macam narrative text
Novel fantasi
Tulisan fiksi
Cerita (imajinasi)
Real – life fiction
Mistery
Diary-novels
Dan masih banyak lagi.
Sekian dulu ya, sampai ketemu di e-paper berikutnya. Cheerio

Komentar

Ferian D Hananto mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ferian D Hananto mengatakan…
the generic structure r very good, the content is matched to the context, good grammar, very rich of vocabularies, bi mistakes

Postingan populer dari blog ini

Report text "Pufferfish"

Reading for academic purposes "Text 11 Teaching for Character and Community"

Text 12 STICKS AND STONES